Thursday, April 17, 2008

syukur, bukan judul sinetron

Syukur

Syukur. Begitu besar makna sebuah kata tersebut buat saya. Dan mungkin juga buat kalian semua. Baru saya sadari bahwa semakin banyak kita bersyukur, maka akan semakin banyak pula nikmtaNya yang diberikan untuk kita. Akhir-akhir ini banyak kejadian yang membuat saya kembali merenungi makna dari sebuah kata syukur tersebut.

Mungkin bagi kalian, hal ini adalah masalah sepele. Tapi bagi saya tidak. Justru dari kejadian yang sepele itulah, rasa syukur harus mulai kita tanamkan. Dua kali saya tidak masuk kuliah. Alasannya klise. Males. Dan waktu itu kebetulan banget dosennya juga absen, hari yang lainnya lagi dosennya hadir tapi ga’ diabsen. Persoalan yang sangat biasa. Tapi saya berfikir, kenapa begitu kebetulan? Allah masih sayang saya, buktinya dari kejadian yang sepele tersebut.

Ada satu kejadian lagi. Suatu hari saya dapat tugas dari dosen untuk salah satu MK. Tugasnya bukan tertulis, tapi praktek ngebuat suatu karya. Dikumpul hari kamis. Sampe’ rabu malem saya belum buat sedikitpun. Bukannya males, tapi waktu itu bener2 lagi buntu ide. Ga’ tau mau buat apa. Lagi pusing-pusingnya mikir karya apa yang harus dibuat, tiba-tiba aja listrik rumah korslet. Cuma rumah saya. Tetangga-tetangga yang lainnya masih nyala. Ga’ lama kemudian, waktu saya naikkan sekringnya, listrik pun nyala. Tapi kemudian mati lagi seterusnya, sampe’ besok pagi pun belum juga hidup. Akhirnya malam itu, terpaksa saya tidur di waktu yang ga’biasanya saya tidur. Habis mau gimana lagi? Ngelanjutin buat tugas juga ga’ mungkin, orang listriknya korslet, ide juga belom dapet. Saya pun pasrah dan terlelap dalam kebingungan karena belom buat tugas.

Esok paginya, saya langsung pergi ke kos temen yang ada di deket kampus. Mungkin buat tugas sama temen, jadi ada masukan mau buat apa. Dan hari itu saya terpaksa merelakan ga’ masuk kuliah Bagan Teknik jam 1. Saya buat tugas di kos temen sampe jam ½ 12 siang. Habis itu saya n temen saya langsung tancap gas ke kampus. Waktu bawa karya saya ke kampus, malunya setengah mati. Saya bener-bener ga’ pede dengan karya saya sendiri, yang menurut saya ga’ ada bagus-bagusnya, malah bisa dibilang parah. Hhhh... akhirnya sampe’ juga di kelas. Dosennya udah ada. Karya temen-temen luar biasa bagus banget. Karena ga’ pede, akhirnya saya minta tolong salah satu temen saya buat ngumpulin karya saya di depan kelas. Waktu penilaian bener-bener merupakan malapetaka buat saya. Dosen untuk MK ini emang terkenal perfect banget. Udah 2 kali saya dapet nilai 6, selanjutnya 7. Dan saya ga’ bisa berharap banyak untuk tugas yang ini. Mungkin 6 lagi. Apalagi karya temen-temen yang lain bagus-bagus. Fyuhhhh....

Tapi nasib berkata lain. Allah lagi-lagi sayang pada saya. Nilai 8,5 pun tertoreh di atas karya saya. Saya masih ga’ percaya. Bagaimana mungkin karya yang ga’ ada bagus-bagusnya sedikitpun bisa dapet 8,5? Bagaimana mungkin karya yang saya buat dengan sangat pesimis bisa dapet nilai segitu? Dan kenyataannya karya seperti itulah yang dimaksud si dosen. Asal tau aja, di mata dosen yang satu ini sangatlah susah buat dapet nilai segitu. Dan ternyata pengorbanan yang saya sendiri ga’ yakin bisa dapet nilai diatas 6, membuahkan hasil juga. Alhamdulillah. Makasih Ya Allah... THANKS GOD...

Dari kejadian itu, semakin nyatalah kasih sayang Allah terhadap kita. Maka jika suatu waktu kita dilimpahkan nikmatNya ataupun cobaanNya, bersyukurlah... karena itu tanda Allah sayang pada kita semua...


No comments: