Saturday, December 29, 2007

high skul never end



Tiba2 aja gw pengen sma lagi. Emg bener kata org klo manusia itu ga’ pernah puas. Dulu waktu gw sma, gw pengen bgt cpt2 kuliah. Kayaknya enak aja gitu, nyantai bgt. Dan kenyataannya setelah gw kuliah, hal itu ga 100% bener. Emg sih kuliah itu jadwalnya nyantai bgt, tapi tugasnya??? Naujubile...!! Dan sekarang gw pengen sma lagi. Terbayang di ingatan saya masa2 sma yg emg ga’ bakal terlupakan seumur idup (cailah...!).
Kelas 3 sma gw duduk sebangku sama temen sekelas gw (Yaiyalah! Masa sama tukang kebon??). Namanya Bleki (nama samaran). Menurut gw, di kelas IPA yg notabene anak2nya pada alim2, rajin2, sopan2, nurut ma guru, nurut ma satpam sekolah, nurut ma tukang kebon, cuma gw ma Bleki aja yg rada ga’ normal alias abnormal. Di saat anak2 lagi tenang2nya ngedengerin pelajaran, kita ngobrol ngalor ngidul ngetan ngulon. Sampe2 guru conversation gw, Mc.Gonagal selalu melototin kita dengan ganasnya. Malah si Bleki pernah kena ancaman dipindah tempat duduknya (dy bakalan nangis darah coz dy ga’ sanggup pisah ma gw, hehe...). Pas pelajaran biologi gw sm Bleki selalu pengen nimpuk gurunya pake penghapus papan tulis. Tapi selaen ga’ berani karna bakal dpt akibat go out from class, gw sm Bleki juga ga’ mungkin bgt ngambil penghapus papan tulis yg selalu dipegang sm bu guru biologi. Klo itu terjadi mungkin akan begini jadinya...
Gw : ”Bu, boleh saya pinjam penghapus papan tulisnya?”
Ibu : ” Oh, boleh. Kamu pasti mau membantu ibu menghapus papan tulis
ya? Terimakasih, kamu baik sekali.”
Saat itu gw langsung ga’ tega bwt nimpuk sang bu guru. Tapi hal yg tak dinyanya pun terjadi. Si Bleki yg kaga’ denger barusan ibunya ngomong apa, langsung nyahut...
Bleki: ”Saya mo’ nimpuk ibu pake penghapus!”
Tanpa ba,bi,bu,ba, si bu guru langsung men-DO kita dari kelas dan menyuruh kita minta surat pernyataan ke BK (Bimbingan Konseling). Kenapa gw sm Bleki pengen bgt nimpuk tuh guru? Soalnya, tuh guru bener2 cuek abis, kaga’ peduli kelasnya mo’ rame apa kaga’, yg penting dy udah menuntaskan kewajibannya yaitu nerangin pelajaran. Makanya kita sempet bisik2, ”Gila! Nih guru cuek abis! Gimana klo kita timpuk pake penghapus papan tulis ya?mungkin dy bakalan cuek juga...”
Itu adalah sepenggal kisah bareng bu biologi. Sekarang gw mo’ cerita ttg guru fisika gw yg berjenis kelamin cowok. Orangnya genter bgt. Trus jenggotan. Lo bayangin aja kaya’ pejihad2 di Palestina, mirip dah! Nih bapak guru emg pinter bgt! Alumni fisika UGM men! Saking pinternya ampe2 klo dy ngajar, gw cm bs menghela napas panjang2 coz gw ga’ ngerti apa yg dy terangin. Gw heran aja sm org2 yg pinter fisika. Gmn caranya mereka bisa inget rumus yg uda jadul bgt ga’ dipelajari? Coz dlm fisika antara satu rumus sm rumus yg laennya selalu berkaitan. Misalnya kita lg bahas bab listrik, tb2 aja rumusnya balik lagi ke bab cahaya-lah, gaya-lah, energi-lah. Gw yg pada dasarnya punya kemampuan daya inget rumus yg ga’ begitu canggih, jelas aja ga’ inget rumus2 yg uda jadul itu. Trus tiap minggu kita ulangan harian. Klo yg nilainya dibawah 4 bakal jadi peserta penggembira alias dibalikin lembar jawaban kita alias ga’ dpt nilai. Trus yg dpt 4 ke atas lembar jawabannya dikumpul. Asal tau aja untuk dpt nilai 4 tuh susahnya bukan main. Makanya gw dpt 4 aja udah bersyukur bgt! Mana nih guru, klo nerangin pelajaran super kilat express bgt dah! Uda gitu, tulisannya melambai2 kaya benang terbang n keciiiilll bgt. Tapi yg bikin nih pelajaran aga’ sedikit lumayan asik, gurunya jayus bgt. Dy suka ngelucu n ngelawak yg sebenernya sama sekali ga’ lucu. Tapi anak2 tetep aja pada ketawa. Oya, beliau juga suka bgt ngasih kita wejangan ttg agama. Kadang kita suka tanya jawab juga ttg masalah agama. Lumayanlah, belajar fisika dpt bonus pelajaran agama.
Trus selanjutnya, guru matematika. Ga’ banyak yg perlu diceritain dari si guru matematika. Dy adalah sesosok wanita yg pinter ngitung. Yaiyalah! secara dy guru matematika. Dy juga suka nge-jayus. Tapi dy klo udah marah, lumayan serem juga. Apalagi klo udah benci sama satu anak, susah deh buat narik simpatinya lagi. Makanya gw sama anak2 suka sok manis aja di depan nih guru. Ya, daripada nilai kita dikasih merah gara2 si guru ga’ suka ma kita. Berabe kan?
Guru kimia. Juga seorang wanita. Nih guru adalah guru paling aneh menurut gw. Bayangin aja, masa’ ngajak kita ulangan kimia sambil tiduran di meja? Maksudnya bukan kita ngerjain ulangan sambil tengkurep ato telentang di meja, tapi kepala gurunya yg nyandar di meja. Ga’ niat bgt lah nih guru!! Klo udah gitu, gmn kitanya mo’ niat ngerjain soal2 kimia?? Trus bawaannya kaya’ org ga’ semangat gitu, bikin gw`tambah ngantuk klo pelajaran kimia. Ngomongnya juga suka ga’ jelas, pelan banget.
Guru ppkn + sejarah. Lagi2 seorang wanita. Gw ga’ ngerti knp guru ppkn + sejarah di sekolah gw dijadiin satu, maksudnya satu guru ngajar 2 mapel. Kayaknya gara2 sekolah gw kekurangan guru kale’ ya? Nih guru sering kita kerjain. Anak2 sering pada nanyain istilah sejarah yg susah2 n kadang ga’ masuk akal. Tujuannya cuma bwt ngetes kemampuan sejarahnya nih guru. Coz dy kan lulusan ppkn bukan lulusan sejarah. Tapi giliran dy ngajar ppkn lancarnya ga’ ketulungan. Fasih dah!! Dy nih paling cinta mati ama LKS. Ulangan harian bahannya dari LKS. MID juga. Semesteran pun juga. Kayaknya biar dy ga’ usah susah2 buat soal gitu. Tapi lumayan juga, kita jadi belajarnya ga’ usah banyak2, cukup dari LKS aja. Dijamin keluar semua. Check pointnya aja mirip bgt kaya’ LKS. Ga’ dirubah sama sekali, paling Cuma nomernya aja yg diganti. Makanya kita klo ditanyain sejarah pada g’ begitu tau, taunya cm yg di LKS. Mungkin bakal kaya’ gini jadinya,” Perang Diponegoro taun brp sih?” kita pun menjawab dengan tampang bloon, ” Tahun LKS.” Sempurna.
Tapi biarpun guru gw aneh bin ajaib gitu, jasa mereka emg byk bgt, ga’ keitung. Yg bikin gw pengen sma lg, ya salah satunya adalah guru2nya yg akrab bgt ma murid2, kayak udah keluarga sendiri. Gw sama anak2 sering nggodain guru2 klo pada lewat depan kelas pas kita lgi pada nongkrong. Klo kuliah mana ada mahasiswa nggodain dosennya klo lewat dpn mereka? Uda gitu, pas sma gw sama anak2 juga pada salaman sm guru2 klo ketemu di jalan ato di lingkungan sekolah. Nah, klo kuliah? Cuek beybeh! Paling cuma senyum simpul doank. Apalagi klo udah di kelas, suasana belajar bisa kayak curhat on-air untuk guru2 tertentu yg emg asyik n kocak abis. Itu pas sma. Klo kuliah? Kaku gitu bawaannya. Gw bener2 kangen suasana kayak gitu. Suasana yg kekeluargaan bgt. Becandaan khas anak sma. Nongkrong brg (MTV donk?). nyontek brg (ga’ sih, cuma gw ma Bleki doank. Coz yg laennya pd alim2). Jajan brg. Pipis brg (maksudnya ke KMnya yg bareng, bukan satu KM bwt berdua). Pokoknya sma tuh bener2 ga’ terlupakan! Kayak lagunya ”Bowling for Soup” yg judulnya ”High School Never End”....

No comments: