Saturday, December 29, 2007

UI

Entah kenapa abis baca novelnya Raditya Dika “Bukan Binatang Biasa” ttg kebanggaannya dy diterima di fisika UI, gw jd pgn bgt masuk UI. Padahal semasa gw smu dulu (kesannya kaya’ udah lama bgt smu-nya, padahal baru 5 bulan lulus) ga’ ada niatan sama sekali bwt jd mahasiswi UI. Kayaknya bangga aja githu masuk sono. Yaiyalah! Secara univ. terkenal n nomor.1 di Indonesia. Tapi bagi gw (ingat!bagik gw lho!) merupakan tindakan yg sangat bodoh sekali klo gw ikut SPMB lg taun depan. Kenapa? Ya percuma donk usaha gw selama ini, belajar mati2an bwt masuk PTN, ee.. tb2 ikutan lg SPMB stlh diterima di PTN yg jg lumayan bagus. Dan klo itu ampe’ terjadi, bisa2 dibabat abis jd nasi goreng babat sm bonyok. So pasti, klo ikutan lg, korban duit byk, tenaga, pikiran,,,rumah, keluarga, jiwa raga tumpah darah tanah airku tercinta (ya engga’ segitunya kale..!!). Ya pokoknya intinya mubazir bgt usaha gw kemaren. Bayangin aja...karena otak gw ga lumayan encer (bukan maksud merendah, tp emg beneran) gw ngrasa harus ikut bimbel SPMB. Tadinya sih males bgt, secara habis UAN biasanya org2 pd refreshing, seneng2, ee.. gw harus muter otak keliling simpang 5 bwt mikirin gmn caranya gw bs tembus SPMB. Finally, gw sm temen2 gw (ada 4 org) memutuskan utk ikutan les SPMB di salah satu bimbel di Jogja. Kenapa di Jogja? Kenapa ga’ di Solo ato Smg? Ya karna dulu gw smu di Jogja! (Ih..ga’ penting bgt pertanyaannya). So..gw pun brg temen2 les SPMB evride jam 15.00-17.00 (klo ga’ salah, coz gw aga2 lupa). Kita ngebis 2000 perak, itu aja turunnya ga’ tepat di depan t4 bimbel. Kita harus jalan kaki kira2... gw paling ga’ bs ngitung jarak brp km-lah, brp m-lah, brp, kg-lah,,,lho?? Jd gw ga’ tau seberapa jauh t4 bimbel gw dr t4 gw turun bis klo dikira2 pake meteran. Pokonya ga’ jauh2 amat lah! Gw sm temen2 pasti datengnya telat, coz kita sholat asar dulu baru ke t4 les, bukannya sok alim, tapi emg udah kewajiban kita sbg umat muslim yg beriman dan bertaqwa. Alah!! Sebenernya di sono jg ada mushollanya, tp ga nyaman aja. T4 bimbel gw ga’ gede2 amat, malah klo gw bilang sempit bgt dg muridnya yg berjumlah 20-an. Padahal wktu itu gw ambil kelas spesial pake telor, tp tetep aja kelasnya digabung sm yg reguler ga pake telor. Cuma bedanya klo yg spesial masuknya lebih sering drpd reguler. Trus dapet tambahan krupuk jg, eh...salah! maksudnya dapet tambahan pembahasan soal. Awalnya gw mw ikut les jur.IPC, coz gw berniat SPMB tar ambil IPC juga. Tapi setelah tau jadwalnya IPC bakal bikin gw kejang2 tiap malem (les IPA plus IPS, jd dari jam 15.00 sampe jam 21.00 , break bentar pas magrib), akhirnya gw ambil les IPA. Tapi tar SPMBnya tetep ambil IPC. Soalnya IPC pilihannya banyak, hehe...jelek bgt dah alesannya! Gw punya pengalaman yg “ga ada bagus2nya” pas lg les. Ceritanya pas itu lagi jadwalnya bahasa Indonesia. Itu pertemuan yg pertama kalinya antara gw sama tentor bahasa indonesia (gw lupa namanya) coz pas pelajaran b.indo minggu kemaren gw ga’ masuk. Di tengah2 pelajaran gw ijin ke KM bwt wudhu, soalnya waktu itu gw belum sholat asar. Gw ga’ kunci pintunya. Emang sengaja, coz gw pikir waktu itu ga’ bakalan ada yg masuk. Pasti anak2 yg laen udah tau klo di KM ada orgnya, coz KMnya emg cuma satu. Selese wudhu, gw pun mbenerin jilbab. Tiba2 aja ada yg ngebuka pintu KM!! Gw kaget bgt plus deg2an setengah mati. Ternyata manusia di balik pintu itu adalah sang tentor b.indo!! Mampus dah gw! Malu gw mo’ ditaro dmn? Ya di kemaluanlah...hoho*_* Untungnya pak b.indo itu langsung nyadar klo dy uda berbuat ga senonoh (ha?emg dy mw ngap?mw nyulik gw?). Dy pun langsung nutup pintunya lagi dan minta maaf sm gw. Maaf sih gampang pak, tp gw kan malu! Syukurnya...alhamdulillah bgt gw wktu itu ga’ lagi pipis ato boker ato malah mandi (ye...masa di t4 les mandi?). Bisa bener2 putus deh nyawa gw. Mending klo yg ngebuka Bradd Pitt ato Ashton Kutcher, gw pasti bakalan seneng bgt. Bukannya malu. Tapi ini tentor gw!! Ga elit dah!! Semenjak itu gw jadi ati2 klo masuk KM. Gw selalu periksa pintu Kmnya udah kekunci apa belum. *** Gw les SPMB kira2 16 harian. Itu pun ada bolosnya, biasalah kadang2 pikiran kan suka sumpek juga klo belajar terus. Akhirnya hari yang dinanti-nantikan oleh seluruh lulusan SMU se-Indonesia pun tiba. Ya! Hari SPMB dilaksanakan. Klo ga’ salah tgl 4-5 Juli 2007. Gw sama temen2 gw (6 org) berangkat bareng2 ke UGM. Dan lagi2 harus ngebis. Nasib...T_T Kita berangkat jam 6 pagi, coz pasti tar di lokasi tes bakal rame bgt n macet bgt kayak di Jakarta. Makanya kita berangkat pagi2. Gw sama temen gw 2 org kebagian tempat di D3 MIPA, letaknya sebelahan sama Fak.Kedokteran. Napa ga’ sekalian di Kedokteran aja tesnya, gedungnya kan lebih elit! Dan lagi2 kita harus jalan kaki dulu dari tempat turun bis sampe tempat tes. Perjuangan bgt deh SPMB tuh! Syukurnya kita ga’ telat, malah bel masuknya masih lumayan lama. Iseng2 gw sama temen gw ke KM, soalnya temen gw tuh gampang bgt kebelet pipis. Kan ga’ lucu, klo di tengah2 ngerjain soal, tb2 ada bau pesing. Kira-kira 7 menit sebelum bel kita balik ke t4 tes. Kita nunggu di luar ruangan bareng anak2 dari sekolah laen, coz emg ga’ dibolehin masuk ruangan sebelum bel. Mungkin takut klo tar ada yg bawa bom kali ya..eh..bawa contekan maksudnya. GONG!!!!!GONG!!!!!!!GONG!!!!!!!!!! Bel pun berbunyi. Sebenernya bukan bel tapi gong! Makanya bunyinya gong, gong, gong githu. Kok malah jadi mirip anjing nggonggong yak? Pas masuk ruangan, gw cari bangku gw yg sesuai sama nomor tes gw dari depan. Tapi ga’ ketemu2. Ya jelas aja, ternya gw kebagian t4 duduk di belakang sendiri dan di pojok sendiri. Wah... gw langsung sumringah! Kesempatan coy! Tapi sayang, untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Pas mulai ngerjain soal, ternyata ada kursi lagi di belakang gw dan gw ga’ sadar. Itulah kursi bwt pengawas. Di UGM pengawasannya bener2 ketat bgt. Boro2 nglirik, mo’ gerak aja susah. Sebenernya gw emg ga’ ada niatan buat nyontek sih, soalnya gw bener2 pengen tau seberapa jauh kemampuan gw utk menembus PTN. Gw bisa ga? Dan ternyata... setelah sekian lama menunggu hasil SPMB dg rasa was-was, cemas, dan khawatir... Gw ketrima!!! Yiha!!! Alhamdulillah...!!! walaupun bukan pilihan pertama (arch.UGM), tp gw lega. Akhirnya gw bisa jg masuk negeri. Ya, secara, udah gw bilang td kan, klo otak gw ga encer2 bgt... Finally...saat ini gw lagi menjalani kuliah gw di Solo...gw ga’ tau harus seneng apa ga’. Tapi yg jelas gw bangga. Walaupun cita2 awal gw ga’ kesampean, mungkin suatu saat gw bisa gapai cita2 gw itu. Nah... gara2 baca bukunya Dika, gw malah pengen ke UI. Mungkin s2 aja, coz sekarang gw mo’ nikmatin kuliah gw yg udah berjalan hampir satu semester ini. Gw bersyukur dg apa yg ada di depan mata gw saat ini. Karena ga’ setiap org bisa nglanjutin kuliah kaya’ gw...gw benar2 beruntung... dan hati kecil gw bilang, “ Jgn sia2kan keberuntunganmu dan jalanilah apa yg ada di dlm genggamanmu saat ini...”

No comments: